Rabu, 22 Agustus 2012

RPP PKn 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 1 Yosowilangun Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas/Semester : IX/I Standar Kompetensi : 1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara. Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 1. menjelaskan pengertian negara; 2. menyebutkan unsur-unsur berdirinya negara; 3. membedakan warga negara dan bukan warga negara; 4. menjelaskan pengetian pemerintah dalam arti sempit menurut UUD 1945; 5. menyebutkan tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945; 6. menyebutkan fungsi negara; 7. menjelaskan fungsi negara dalam menegakan keadilan; 8. menunjukan peraturan tentang bela negara; 9. menjelaskan pentingnya bela negara.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Ketulusan ( Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B. Materi Pembelajaran 1. Pengertian negara. 2. Unsur-unsur negara. 3. Tujuan dan fungsi negara negara. 4. Peraturan perundang-undangan bela negara. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab D. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan I Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Menjelaskan penjelasan konsep secara umum tentang negara dan tujuan negara  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Guru memfasilitasi masing-masing kelompok untuk berdiskusi tentang tujuan dan fungsi negara Indonesia  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Pertemuan II Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Menjelaskan konsep pembelaan negara secara umum.  Melakukan kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30, UU No. 80 Tahun 1982, UU No. 3 Tahun 2002  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa menyimak penjelasan dan klasifikasi guru mnegenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan pembelaan negara  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Pertemuan III Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  menjelaskan fungsi negara dalam menegakan keadilan  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa menyimak penjelasan dan klasifikasi guru mnegenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan pembelaan negara  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Pembelajaran 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 2. UUD 1945 setelah amandemen 3. UU No. 20 tahun 1982 4. UU No. 3 tahun 2002 F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen • Menjelaskan pengertian negara • Menjelaskan unsur-unsur negara • Menentukan tujuan negara • Menjelaskan fungsi negara • Menjeskan hakikat Pembelaan negara • Menjelaskan alasan pentingnya bela negara bagi warga negara Tes Tertulis Tes tertulis Tes lisan Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Uraian Uraian Daftar pertanyaan Uraian Uraian Uraian Jelaskan pengertian negara ! Sebutkan 3 unsur-konstitutif berdirinya sebuah negara ! Sebutkan tujuan negara Indonesia Jelaskan 4 fungsi negara ! Jelaskan hakikat pembelaan negara ! Mengapa warganegara wajib membela negaranya ? 1. 2. Diskusi (buku teks kelas IX , hlm. 3) Berikut ini format penilaian diskusi kelompok. No Nama Aspek Penilaian Total Nilai Presentasi Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Kerja sama Keterangan: nilai maksimal 20 Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… Drs. Hj. Eni NIP/NIK : .............................. …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN Drs. Rudy Pujihanto NIP/NIK : .............................. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 1 Yosowilangun Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas/Semester : IX/I Standar Kompetensi : 1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara. Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara. Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 1. menjelaskan arti bela negara; 2. menyebutkan hak warga negara dalam pembelaan negara; 3. menyebutkan contoh kewajiban warga negara dalam bela negara; 4. menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara; 5. memberi contoh bela negara oleh siswa; 6. memberi contoh bela negara oleh tentara atau Polri.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B. Materi Pembelajaran 1. Hak dan kewajian warga negaradalam bela negara 2. Tindakan bela negara C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan I Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  menjelaskan arti bela negara  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  menyebutkan hak warga negara dalam pembelaan negara  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 2. Pertemuan II Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  menyebutkan contoh kewajiban warga negara dalam bela negara  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 3. Pertemuan III Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  memberi contoh bela negara oleh siswa  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  memberi contoh bela negara oleh tentara atau Polri.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Pembelajaran 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 2. Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 pasal 9 ayat (2) 3. Artikel media massa 4. Lingkungan sekitar F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen • Menunjukkan peraturan per undangan tentang pembelaan negara • Menjelaskan pengertian sishankamrata • Menjelaskan bentuk-bentuk pembelaan negara • Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap negara. • Menjelaskan komponen pertahanan negara Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Tes tertulis Tes tertulis Pilihan Ganda Pilihan ganda Pilihan Ganda Uraian Pilihan Ganda Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, ditegaskan dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal .... a. 27 ayat 1 c. 27 ayat 3 b. 27 ayat 2 d. 31 ayat 1 Sistem pertahanan keamanan yang mengikusertakan seleuruh rakyat dalam pembelaan negara, adalah pengertian .... a. sistem semesta dan menyeluruh b. sistem rakyat menyeluruh c. sistem kesatuan rakyat dan TNI d. sistem pertahanan rakyat semesta Upaya membela negara yang dapat dilakukan oleh pelajar adalah .... a. siskamling b. belajar PKn a. menjaga daerah perbatasan b. menjadi tim SAR Jelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap negara Komponen utama sistem pertahanan negara Indonesia adalah .... a. rakyat c. TNI b. Polisi d. Polisi dan TNI 1. Diskusi (buku teks kelas IX , hlm. 17) Berikut ini format penilaian diskusi kelompok. No Nama Aspek Penilaian Total Nilai Presentasi Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Kerja sama Keterangan: nilai maksimal 20 2. Unjuk karya (buku teks kelas IX , hlm. 17) Berikut ini format penilaian kliping dan presentasi No Nama Siswa Aspek Jumlah Skor Skor Rata-Rata 1 2 3 4 5 Keterangan: 1. Kesesuaian antara judul dengan tema 2. Kerapian/estetika 3. Komentar kelompok lain terhadap isi 4. Keragaman bentuk 5. Pengaturan waktu Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… Drs. Hj. Eni NIP/NIK : .............................. …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN Sucipto, S. Pd NIP/NIK : .............................. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 1 Yosowilangun Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas/Semester : IX/I Standar Kompetensi : 1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara. Kompetensi Dasar : 1.3 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara. Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 1. memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara; 2. menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B. Materi Pembelajaran 1. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara. 2. Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing. C. Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Demonstrasi D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan I Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Guru menjelaskan tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara secara umum  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa berdiskusi dan membuat rencana kegiatan yang menunjukkan bela negara.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 2. Pertemuan II Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Guru mendemontrasikan kegiatan bela negara.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Pembelajaran 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 2. UUD 1945 yang telah diamandemen 3. UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara 4. Artikel surat kabar F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen • Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman dalam berbagai lingkungan • Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya Penilaian diri Penilaian diri kuesioner Lembar penilaian diri Format penilaian skala sikap ( instrumen terlampir ) Lembar penilaian pengamatan perilaku ( instrumen terlampir ) Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… Drs. Hj. Eni NIP/NIK : .............................. …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN Drs. Rudy Pujihanto NIP/NIK : .............................. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 1 Yosowilangun Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas/Semester : IX/I Standar Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah. Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah. Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 1. menjelaskan pengertian otonomi daerah; 2. menjelaskan hakikat otonomi daerah; 3. menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi daerah; 4. menjelaskan bahwa manusia adalah faktor yang mempengaruhi otonomi daerah; 5. menyebutkan peraturan perundangan-undngan otonomi daerah; 6. menyebutkan prinsip-prinsip penyelenggaraan otonomi daerah; 7. menjelaskan otonomi dilaksanakan secara bertanggung jawab; 8. menyebutkan urusan yang menjadi wewenang pemerintah pusat dan yang menjadi wewenang pemerintah darah.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B. Materi Pembelajaran 1. Pengertian otonomi daerah 2. Hakikat otonomi daerah 3. Asas-asas/prinsip otonomi daerah 4. Dasar hukum penyelenggaraan otonomi daerah 5. Hal yang menjadi wewenang pemerintah pusat dan pemerintah daerah C. Metode Pembelajaran 3. Ceramah bervariasi 4. Tanya jawab 5. Penugasan D. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pertemuan I Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Mengkaji materi melalui telaah pustaka dan mendiskusikan hakikat otonomi daerah.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 2. Pertemuan II Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Melanjutkan diskusi tentang hakikat otonomi daerah.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 3. Pertemuan III Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Mengkaji buku teks tentang pemerintah daerah  Mengkaji buku teks dan mendiskusikan wewenang pemerintah pusat dan pemerintah daerah.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Pembelajaran 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 2. UUD 1945 yang telah diamandemen 3. UU No. 22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah 4. Artikel surat kabar 5. Buku-buku (sumber) lain yang relevan F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen • Menjelaskan pengertian otonomi daerah • Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah • Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah • Menyebutkan prinsip Otonomi Daerah • Menguraikan arti penting otonomi daerah bagi bangsa dan negara • Membedakan urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah • Menguraikan penyelenggaraan pemerintahan daerah Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Uraian Pilihan Ganda Uraian Uraian Uraian Uraian Pilihan Ganda Jelaskan pengertian otonomi daerah Salah satu peraturan perundangan yang mengatur otonomi daerah adalah UU tentang sistem pemerintahan daerah yaitu .... a. UU No 31 Tahun 2004 b. UU No 32 Tahun 2004 c. UU No 33 Tahun 2004 d. UU No 35 Tahun 2004 jelaskan tujuan otonomi daerah Sebutkan prinsip Otonomi Daerah Jelaskan arti penting otonomi daerah bagi bangsa dan negara Indonesia Bedakan urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam otonomi daerah. Pengertian pemerintah daerah menurut undang-undang tentang otonomi daerah adalah ..... a. Kepala Daerah dan DPRD b. DPRD dan Pengadilan Tinggi c. Kepala daerah dan perangakat daerah d. Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… Drs. Hj. Eni NIP/NIK : .............................. …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN Drs. Rudy Pujihanto NIP/NIK : .............................. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMP NU 09 Rowosari Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas/Semester : IX/I Standar Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah. Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah. Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 1. menjelaskan hakikat partisipasi masyarakat dalam ototonomi daerah; 2. menjelaskan pengertian kebijakan publik; 3. menyebutkan tahap-tahap kebijakan publik; 4. menjelaskan perumusan kebijakan publik pada tahap perencanaan; 5. menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam perumusan kebijakan publik pemerintahan RI; 6. menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam perumusan kebijakan publik di lingkungan kabupaten; 7. menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam perumusan kebijakan publik di lingkungan kelurahan; 8. menjelaskan pentingnya partisipasi dalam perumusan kebijakan publik; 9. menunjukkan dampak negatif akibat warga negara tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B. Materi Pembelajaran 1. Partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah. 2. Hakikat kebijakan publik. 3. Partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik. 4. Proses pembuatan kebijakan publik. 5. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah bervariasi 2. Tanya jawab 3. Penugasan D. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan I Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Guru menjelaskan tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara secara umum  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep partisipasi dalam otonomi daerah.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Pertemuan II Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Guru menjelaskan hakikat kebijakan publik secara umum.  Dengan difasilitasi oleh guru, siswa mendiskusikan topik tersebut  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep kebijakan publik.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Pertemuan III Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.  Guru menjelaskan hakikat tahap-tahap perumusan kebijakan publik secara umum.  Siswa membentuk beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 4—5 orang.  Masing-masing kelompok membahas tahap-tahap kebijakan publik.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Setiap kelompok melakukan presentasi; kelompok lain menanggapi.  Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep langkah-langkah perumusan kebijakan publik  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya E. Sumber Pembelajaran 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 2. UUD 1945 yang telah diamandemen 3. UU No. 22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah 4. Artikel surat kabar 5. Buku-buku (sumber) lain yang relevan F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen • Menguraikan pengertian kebijakan, kebijakan publik • Menguraikan proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik • Menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan • Menjelaskan tujuan kebijakan publik • Menjelaskan konsekuensi ketidakikutsertaan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik • Melakukan partisipasi dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah Tes Tertulis Penugasan Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Tertulis Penugasan Tes Tertulis Uraian Pekerjaan Rumah Uraian Uraian Uraian Proyek Pilihan Ganda Bedakan pengertian kebijakan dan kebijakan publik! Buatlah bagan/skema proses perumusan kebijakan publik Jelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik ! Jelaskan tujuan kebijakan publik Jelaskan 4 akibat ketidak ikutsertaan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik Lakukan kunjungan dan dialog dengan pemda tingkat desa/kelurahan mengenai beberapa kebijakan publik yang masih berlaku dan kurang efektif serta bagai mana cara mengatasinya masalah tersebut. Buatkan laporan (Praktik kewarganegaraan berbasis Portofolio) 1. Serangkaian tindakan yang diusulkan seseorang, kelompok, atau pemerintah dengan ancaman dan peluang yang ada dan ditujukan memanfaatkan potensi sekaligus mengatasi hambatan untuk mencapai tujuan tertentu disebut .... a. kebijakan b. publik c. kebijakan publik d. perumusan kebijakan publik 2. Langkah pertama yang sangat penting dalam pembuatan suatu kebijakan adalah .... a. pembuatan agenda kebijakan b. formulasi dan legitimasi c. implementasi d. evaluasi kinerja 3. Suatu permasalahan di masyarakat yang telah diagendakan, dirumuskan, diangkat, dicari pemecahannya, dan disahkan menjadi suatu kebijakan merupakan tahap dalam .... a. pembuatan agenda kebijakan b. formulasi dan legitimasi c. implementasi d. evaluasi kinerja 4. Penerapan atau pelaksanaan sebuah kebijakan yang telah ditetapkan merupakan taha dalam .... a. pembuatan agenda kebijakan b. formulasi dan legitimasi c. implementasi b. evaluasi kinerja 5. Partisipasi masyarakat penting untuk pembuatan kebijakan publik karena .... a. akan menumbuhkan ras memiliki dan mencintai b. meningkatkan pendapatan daerah c. memperkuat tali persaudaraan d. mempercepat keputusan Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… Drs. Hj. Eni NIP/NIK : .............................. …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN Drs. Rudy Pujihanto NIP/NIK : ..............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar